Rabu, 22 Desember 2010

Tugas 6 : Perilaku Konsumen


Teori Kepribadian






Mata Kuliah :

Perilaku Konsumen

Disusun Oleh :
Nama : Glory Utama
NPM : 10208552
Kelas : 3EA03

Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi


Kepribadian mewakili karakteristik individu yang terdiri dari pola-pola pikiran, perasaan dan perilaku yang konsisten. (Pervin dan John)

            Sebuah organisasi dinamis di dalam sistem psikis dan fisik individu yang menentukan karakteristik perilaku dan pikirannya. (Allport)

Teori Kepribadian didefinisikan berdasarkan konsep-konsep khusus yang terkandung dalam teori-teori tertentu yang dianggap memadai untuk mendeskripsikan atau memahami tingkah laku manusia secara lengkap atau utuh.

Kita juga telah sepakati bahwa teori terdiri dari segugusan asumsi yang saling berhubungan tentang gejala-gejala emfiris tertentu dan definisi-definisi empiris yang memungkin sipemakai beranjak dari teori-teori abstrak keobservasi empiris. 

Teori-teori kepribadian termasuk kategori pertama ; teori kepribadian adalah teori umum tentang tingkah laku. Pembagian sederhana ini berguna untuk memisahkan teori kepribadian dari rumpun teori-teori kepribadian lainya. 

Teori kepribadian memperlihatkan banyak variasi dalam hal banyaknya konsep motifasi yang digunakan.
Beberapa teori kepribadian berasal dan berguna untuk membuat deskripsi tentang tingkah laku yang abnormal atau patologis.  

Trait merupakan disposisi untuk berperilaku dalam cara tertentu, seperti yang tercermin dalam perilaku seseorang pada berbagai situasi. Teori trait merupakan teori kepribadian yang didasari oleh beberapa asumsi, yaitu:
    * Trait merupakan pola konsisten dari pikiran, perasaan, atau tindakan yang membedakan seseorang dari yang lain, sehingga:
          o Trait relatif stabil dari waktu ke waktu
          o Trait konsisten dari situasi ke situasi
    * Trait merupakan kecenderungan dasar yang menetap selama kehidupan, namun karakteristik tingkah laku dapat berubah karena:
          o ada proses adaptif
          o adanya perbedaan kekuatan, dan
          o kombinasi dari trait yang ada

Bedasarakan tulisan diatas dapat di asumsikan bahwa kepribadian seseorang di dalam masyarakat sangat mencerminkan perilaku masyarakat tersebut baik salam bersosialisasi ataupun dalam kegiatan ekonomi, sehingga konsumen atau masyarakat dapat menentukan keputusan atau kebijakan yang tepat dengan segala alternatif  yang ada sehingga dapat meminimalisasikan segala resiko dan mengefisienkan biaya apabila konsumen atau masyarakat itu memiliki kepribadian yang baik.

  • http://www.tipskom.co.cc/2009/09/hakikat-teori-kepribadian.html
  • http://rumahbelajarpsikologi.com/index.php/kepribadian.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar