Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Pelanggan
Mata Kuliah :
Perilaku Konsumen
Disusun Oleh :
Nama : Glory Utama
NPM : 10208552
Kelas : 3EA03
Universitas Gunadarma
Fakultas Ekonomi
1. Psikografis, dan kepribadian
Psikografis adalah sebuah teknik operasional untuk mengukur
Kepribadian dalam bidang pemasaran memiliki arti sebagai respon yang konsisten terhadap pengaruh lingkungan. Kepribadian adalah tampilan psikologi individu yang unik dimana mempengaruhi secara konsisten bagaimana seseorang merespon lingkungannya.
2. Motivasi Konsumen
Dalam menjawab pertanyaan mengenai mengapa seseorang membeli produk tertentu, hal ini berhubungan dengan motivasi seorang konsumen. Motivasi konsumen mewakili dorongan untuk memuaskan kebutuhan baik yang bersifat fisiologis maupun psikologis melalui pembelian dan penggunaan suatu produk.
3. Pengetahuan Konsumen
Pengetahuan konsumen dapat diartikan sebagai himpunan dari jumlah total atas informasi yang dimemori yang relevan dengan pembelian produk dan penggunaan produk. Misalnya apakah makanan organik itu, kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya, manfaatnya bagi kesehatan, dan lain-lain.
4. Intensi, Kepercayaan, dan Perasaan Konsumen
Intensi adalah pendapat subjektif mengenai bagaimana seseorang bersikap di masa depan.
Kepercayaan dapat didefinisikan sebagai penilaian subjektif mengenai hubungan antara dua atau lebih benda. Suatu kepercayaan dibentuk dari pengetahuan. Apa yang telah seseorang pelajari mengenai suatu produk mendorong timbulnya kepercayaan tertentu mengenai produk tersebut.
Perasaan adalah suatu keadaan yang memiliki pengaruh (seperti mood seseorang) atau reaksi. Perasaan dapat bersifat positif maupun negatif tergantung kepada setiap individu. Perasaan juga memiliki pengaruh terhadap penentuan sikap seorang konsumen.
Sesuai tulisan diatas bisa disimpulkan bahwa setiap manusia pasti menginginkan sesuatu yang terbaik untuk dirinya entah itu dari kehidupanya, tata kerja, pola hidup dan dalam segi perekonomian. maka dari itu sebagai konsumen kita harus meperhatikan hal tersebut dan mencari alternatif yang efisien agar setiap keputusan menjadi optimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar